Minggu, 06 November 2016

19 Syurga Wisata Pasaman Barat



Kabupaten,Pasaman Barat,Provinsi, Sumatera Barat , Indonesia

Apa yang kita ketahui tentang Pasaman Barat ?? mayoritas orang  mengetahui tentang pasbar itu identik dengan hanyalah sawit ,karet, jeruk , padi ,jagung dll. seolah olah Pasaman Barat itu hanya punya komoditas bahan pangan saja , iya kan ??? kita tidak bisa salahkan jawaban tersebut. Tapi perlu kita ketahui bahwa Pasaman Barat itu juga kaya akan tempat wisata, yang tidak kalah bagus dan hitsnya dengan tempat yang lain .
Mau Tau di mana dan apa Aja ? simak berikut ini :


Lokasi : Gunung Talamau , Pasaman Barat
Gunung Talamau atau juga disebut gunung ophir adalah gunung tertinggi di Sumatera Barat yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat, berdampingan dengan Gunung Pasaman. Gunung ini memiliki ketinggian 2,920 meter dan termasuk dalam tipe gunung api tidak aktif.
Syurga dunia yang wajib anda nikmati , bagi para pecinta alam  akan menjadi saksi keindahan dunia Pasman Barat , Datang dan  saksikan keindahan gunung talamau. kalau gk percya anda dapat buktikan sendiri di jamin gk bakalan nyesal dehk teman.tapi ingat yah jangan merusak alamnya apalagi buang sampah sembarangan di sana. Gk boleh ya !
Gunung dengan ketinggiannya ini mnjadikannaya bagai pesona yg menarik untuk di kunjungi para pendak.Gunung ini terdapat di desa pinaga yang jaraknya -+ 15 km dari pusat ibu kota Pasaman Barat. Sebelum sampai di atas gunung anda akan menyaksikan berbagai macam spesies jenis flora dan fauna yang sungguh luar biasa menakjubkan. Di atas sana kita akan bersua juga  dengan berbagai jenis telaga,telaga  berbeda- beda dan menurut kebanyakan para pendaki mengatakan telaga tersebut berjumlah 13 buah. Melihat telaga- telaga tersebut rasa capek ,haus dan lapar anda akan terobati seketika dan sungguh luar bisa !
selain itu kita juga akan di hadapkan dengan Air terjun yang beragam,padang rumput sarinjano seluas -+ 40 hektar, telaga yang berfariasi , batu bersejarah (Batu balipek kain ) goa dan lain sebagainya .
 Nama-nama telaga diambil berdasarkan beberapa cerita legenda yang diyakini oleh penduduk disekitar Gunung Talamau.
  • Talago Biru.
  • Talago Buluah Parindu.
  • Talago Cindua Mato.
  • Talago Imbang Langik.
  • Talago Lumuik.
  • Talago Mandeh Rubiah.
  • Talago Puti Bungsu.
  • Talago Puti Sangka Bulan.
  • Talago Rajo Dewa.
  • Talago Satwa.
  • Talago Siuntuang Sudah.
  • Talago Tapian Puti Mambang Surau.
  • Talago Tapian Sutan Bagindo.
                                         

Lokasi : Pantai  Sikabau, Ujung Gading Pasaman Barat
Ada adagium mengatakan "Gunung kan kudaki, lautpun kan kuseberangi,duri pun kan kulewati " untuk sampai di sikabau ini. sebab seolah ada hal tersendiri mearik perhatian pengunjung untuk datang ke sini  seolah seperti magnet .dapat di buktikan banyaknya wisatawan yang datang ke sini, kalau tidak percaya anda dapat buktikan sendiri!
Asal nama pantai sikabau sendiri beasal dari kata " si kerbau" banyak yang mengatakan karena banyaknya dahulu di daerah ini kerbau -kerbau yang berkeliaran sangking banyaknya maka di namaknnlah pantai sikabau.dari asal katanya orang pasti akan berambisi bahwa di sana itu akan banyak juga kotoran-kotoran sapi ataupun kerbau. TIDAK ! sama sekali tidak tapi justru di sini pantainya sangat bersih,indah dan menawan.
Terletak di sikabau , kurang lebih 10 km dari pusat pasar Ujung Gading  yang berbatasan langsunng dengan samudera hindia. pantai ini dapat di kategorikan sebagai pantai favorit wisatawan baik lokal maupun yang datang dari daerah lain ,seperti dari natal, medan (sumut) bahkan dari padang sekalipun.
Satu sisi kondisi jalan area untuk menempuh ke sana masih lumayan extrime sebab anda akan melewati perkebunan sawit dan jalannya masih belum di aspal dan memerlukan stamina yang fix dan kuat,tapi anda tidak perlu khawatir karna semua itu semua akan terobati dan terbayar  ketika sampai di sana.
Pantai ini biasanya di padati pengunjung pada hari- hari libur nasional , hari raya idhul adha, dan paling di dominasi ketika hari raya idhul fitry,tidak bisa di pungkiri jumlahnya -+ 10.000 kendaraan baik mobil ataupun sepeda motor yang meluncur kesana untuk berwisata.
Dewasa ini tidak jarang para pengunjung juga berwisata sambil naik perahu yang tersedia buat anak-anak dan orang dewasa di sediakan nelayan untuk mengelilingi muara sikabau.
Di sini kita juga dapat menikmati selain masyarakatnya yang ramah dan sopan kita akan di nina bobokkan oleh  lautnya yang biru memukau,ombaknya yang besar menantang adrenalin untuk berselancar, di hiasi angin sepoi sepoi di bawah pohon cemara nan rindang ditemani nasi bergulai rendang .
Sungguh Luar Biasa , Anda dapat buktikan sendiri !




Lokasi : Pantai Sasak, Ranah Pasisie Pasaman Barat
Pantai yang elok dengan hamparan pasir nan indah memberikan nuansa alam yang begitu alami. Pantai sasak memiliki  pandai dan berpasir putih halus, tentunya akan mampu memikat para penikmat dan pecinta traveling sebab indahnya pantai. Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar karena langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Selain terkenal dengan pantai wisatanya, Sasak juga merupakan daerah penghasil ikan untuk konsumsi masyarakat Pasaman Barat.
Pantai yang berjarak kurang lebih 20 km dari pusat ibu kota Pasaman Barat ini menjadikannya sebagai andalan wisatawan masyarakat simpang ampek dan sekitarnya.dengan bermodal -+ 10.000,-saja kita udah bisa menikmati pemandangan yang indah membungkamkan mulut,membuka mata yang rabun akan keindahan untuk mentadabburi kuasanya ciptaan tuhan.
selain itu  disini terdapat berbagai macam kedai (lapau) ,warung ,rumah makan dan juga dapat menikmati kuliner  ciri khas Pasaman Barat.

                                     

Lokasi :  Pulau Panjang ,Sungai Beremas
Pulau panjang adalah sebuah pulau yang  berada di daerah laut teluk air bangis  dan satu satunya pulau yang berpenghuni di daerah Pasaman Barat.untuk mencapai pulau ini kita harus menempuh jalur laut melalui teluk air bangis  -+7,2 km dengan perahu atau sampan. fasilitas yang sudah di bangun di sini di antaranya adalah penginapan di dalam pulau (villa) dan hanggar berupa jembatan kayu yang panjang menjorok ke tengah-tengah laut untuk menikmati keindahan laut.
Bagi kamu yang katanya pecinta wisata kamu dapat menikmati wisata pantainya ,bermain ombak, berenang sepuasnya pokoknya seru dehk ,,
selain itu kita juga dapat melihat pembudidayaan kerapu loh, di penuhi keramba jaring apung sepanjang pantai . selain itu di sini juga kita dapat melihat budi daya rumput laut yang luar biasa dan konon katanya budidaya kerapu dan rumput laut ini sudah di ekspor ke luar negeri brooo !!! Wah keren bngeeettt ya !!!!
kalau belum datang ke sini jangan bilang kalau loe itu pecinta traveling .!
ini adalah tempat yang paling cocok dan aman bagi anda , Tunggu apa lagi datang dan nikmatilah indahnya Pulau Panjang Pasaman Barat !!!



 Lokasi : Danau Indah , Ujung Gading Pasaman Barat
Terletak kurang lebih 55 km dari pusat ibu kota Pasaman barat , dari sipang empat ke danau ini kira -kira cuma berkisaran antara rp.15 - 20 ribu  an saja kita sudah bisa menikmati  nuansa danau indah yang eksotis ,hits dan pofuler.
Dari namanya saja kita sudah tahu dan pasti dong danau nya ini indah bangaattt guys !! memang betul tidak bisa di pungkiri lagi di sini kita akan menemukan 3 buah danau yang berdekatan yaitu danau keruh, danau jernih dan danau laweh(luas).Bagipara pengunjung akan di hipnotis oleh warna danaunya yang menggoda ,di barengi seluas mata memandang hijaunya bumi kota sawit dari ketinggian.
gk salah dong kalau kamu juga bisa ke sini !!!




Lokasi :Danau ini terletak di jorong si tabu ,Nagari rabi jonggor, kecamatan gunung tuleh. Danau Laut Tinggal di Kabupaten Pasaman Barat

Siapa yang mau ke sini ??? tentu semua mau bukan ?
 sedikit sekali masyarakat yang tahu akan keberadaan danau ini padahal danau ini
terdapat di tanah kelahiran sendri tapi kebanyakan kita tidak tahu.
Danau dengan ketinggian .1940 m di atas permukaan laut ini masih asri dan alami dan belum terjamah oleh tangan-tangan manusia sama sekali.
Danau ini terletak di jorong si tabu ,Nagari rabi jonggor, kecamatan gunung tuleh.
danau ini sebelumnya di temukan oleh dua orang peneliti dari jerman yang bernama yang bernama Dr.Renata Rabenstern dan herwig zahorka ,melalui satelit bahwa bagian utara sumatera barat masih ada danau yang belum terjamah oleh manusia.
Danau ini di apit oleh dua gunung yaitu gunung bendera dan gunung malintang serta di kelilingi oleh bukit-bukit.
Apakah kamu juga tertarik untuk melakukan ekspedisi selanjutnya yang akan menjadi legenda bersejarah di tanah Pasaman Barat ,kalau iya kapan kamu ke sini ?
Dalam hal ini kita kaitkan terpenting adalah Pasaman Barat yang katanya pemasok kelapa sawit No.1 di Sumatera Barat dan di kategorikan masuk dalam 3 besar kabupaten terkaya di sumbar . Agar dapat memnfaatkan uang APBD tersebut jangan hanya di simpan dan di nikmati oleh kaum-kaum kapitalis yang suka korupsi . Alangkah lebih baiknya jika di gunakan untuk pembangunan danau tinggal ini ,mulai dari akses jalan,jembatan dan insfrastruktur lainnya.Gunanya untuk masyarakat Pasbar juga dan menjadikan nama Pasaman Barat lebih di kenal oleh orang banyak.
                                                                         

Lokasi : Jembatan Gantung Bersejarah ,Ujung Gading 
Selain Pantai,Danau,pulau, dll Pasaman Barat Juga ternyata mempunyai sesuatu sejarah yang tidak akn terlupakan sepanjang masa, Apakah itu ?jembatan gantung Ujung Gading dan sekitarnya tentu jembatan ini tidak lagi hal yang yang asing bagi mereka .sebab dulunya jembatan ini adalah jalan alternatif bagi masyarakat setempat untuk jalan umum serta mengangkut bahan-bahan pertanian mereka dari dan sampai ke seberang sungai Batang Aek siorbo.bukan hanya itu juga sebagai penghubung antar masyarakat yang ingin ke air bangis.

Di sini pengunjung dapat ber foto , dapat meliahat kekokohan jembatan gantung dengan ciri khas bangunan belandanya.di samping itu kita juga dapat bertanya tanya kepada masyarkat sekitar mengenai sejarah lebih jauh tentang keberadaan jembatan ini
Dewasa ini sebab sudah adanya jalan aspal dan jembatan baru di sampingnya ,menjadikan jembatan Gantung ini seolah tersingkirkan dan tidak ada perhatian sama sekali dari berbagai pihak.ini merupakan tanggung jawab kita bersama kalau memang kita ingin anak cucu kita nanti tahu sejarah bahwa di ujunggading ada sebuah jembatan yang bersejarah.
Tidak luput pula perlu ada perhatian serius pmerintah baik dari Kabupaten,Kecamatan,Kelurahan dan masyarakat Ujung Gading Pada Umumnya.


Lokasi : Teluk Tapang ,Pantai Berpasir Merah Bata ,Nagari Aia Bangih Kec. Sungai Beremas
Apakah anda pernah mendengar bahwa di teluk tapang didirikannya pelabuhan Pasaman Barat.Keberadaan teluk Kapang ini sangat potensial sekali untuk di jadikan tempat wisata yang perlu di kembangkan.
Keberadaan teluk Tapang ini terletak di nagari air bangis,kecamatan Sungai beremas, Kabupaten Pasaman Barat kita akan melihat warna pasir pantai berwarna merah bata ,tidak seperti laut pasir pada umumnya yang di lihat oleh mata kepala kita sendiri.hal inilah yang menjadikan prioritas para pengunjung untuk berwisata ke sini karena selain panorama pemandangannya yang eksotis juga kita di tuntut bahwa keberadaan pasir warna merah yang selama ini kita anggap mitos ,ternyata benar keberadaannya. sungguh Menakjubkan Luar Biasanya Pasaman Barat.


Lokasi : Muaro Binguang , Kec. Kinali Pasaman Barat
terletak di Nagari Katiagan, Kecamatan Kinali , -+15 km dari pusat ibu kota Pasaman barat
Banyak orang orang yang bertanya tanya tentang penamaan muara ini ? kenapa di namakan muaro binguang dalam B.indonesianya " muara bingung "dari mayoritas maysrakat dan ahli sejarah mengatakan penamaan muara bingung ini adalah sebab keberadaan arus muara itu yang saling berlawanan antara satu sama lain. sehingga tidak jelas keberadaan mana ujung dan pangkalnya ,sebab kebingungan arus muara inilah maka di namakan muaro binguang.persefsi lain sebenarnya hampir sama menerangka bahwa di namakan pantai muaro bingung karena akses untuk menuju lokasi tujuan kita terlebih dahulu harus menyeberang sebuah muara .pantai ini merupakan pertemuan sebuah muara sungai dengan samudera hindia.ketika sampai di tepi pantai kit akan kebingungan di mana pantainya karena yang terlihat hanyalah hamparan buih ombak yang berwarna putih dan pulau-pulau keci yang banyak, sebab itulah di namakan muara bingung.



Lokasi : Pigago Island Sungai Beremas
Seperti yang kita ketahui sendiri Pasaman barat itu kaya akan tempat wisata baik Pulau,danau,kuliner dan lain sebagainya.
Di sini kita dapat melakukan berbagai macam aktifitas sperti : snorkeling, diving dan refressing. pulau ini termasuk bagian pulau-pulau kecil yang lainnya Pulau yang memiliki luas -+40 hektar.
untuk menempuh pulau ini kita akan memakan waktu sekitar 1 jam lebih dengan biaya akomodasi -+15 000,-.sanagt murah bukan . Makanya buruan ke sini !!!


Lokasi : samburan Botung , Kecamatan Sungai Aua
sesuai dengan nama kecamatannya sendiri Sungai aua pasti juga di daerah ini banyak terdapat sungai baik yang kecil ataupun yang besar.begitu juga yang satu ini samburan botung ,akhir-akhir ini tempat ini lagi viral-vralnya dan di jadikan sebagai tempat yang hits untuk di kujungi oleh setiap orang terutama masyarakat yang tidak jauh tempat tingglnya.
hal yang melatar belaknginya adalah sungainya yang bersih,airnya yang sejuk dan pohon-pohonnya yang hijau. di sini kita selfie atau foto-foto  dan terpenting mandi bagi yang belum pernah mandi... hayyyo nagku yang belum mandi ,....?
Untuk menjangkau wilayah ini kuarang lebih 20 menit dari ujung gading dan 40 dari pusat kota Pasaman Barat .



Lokasi : Air terjun Sarasah Batang Nago, Kajai Pasaman Barat
Atau yang biasa di sebut air terjun sarasah adalah sebuah air terjun dari berbagai macam air terjun lainnya.Di sini kita akan menemukan air terjun yang bertingkat-tingkat dari tingkat satu,dua ,tiga dan seterusnya.
letak air terjun ini sekitar 10 km dari pusat kota Pasaman Barat .kita dapat menempuh dengan kendaraan roda atau dengan jalan kaki(jangan bawa mobil).kalau bawa mobil juga jangan lupa di parkirkan di bawah ya !
Sebab Bagi anda yang berminat mengunjungi air terjun ini sebaiknya perlu hati-hati karena medan tempurnya cukup curam dan menurun .sambil menikmati indahnya pemandangan perjalanan yang di hiasi sawah,jagung,sawit dll. step by step anda akan memasuki semak,rawa dan hutan belukar yang masih alamiah .kurang lebih 100 m setelah anda melewati perkebunan warga maka kita akan di sambut oleh udara yang segar bangettt .masih alami ,belum di jamah oleh manusia dan tentunya air terjunnya yang bersih,indah menawan dan luaaarrrr biasaaa.
di sini kita bisa mandi-mandi,selfie,makan makan dll.
pokonya kalau kita ke air terjun ini seolah kita kayak di tv-tv itu lo ,kita di sana bagaikan my trip my adventure ,bagi pecinta petualang jangan mengunjungi tempat lain sebelum mengunjungi tempat ini !!!!
syarat utama yang mau kesini adalah TERPENTING JANGAN MERUSAK ALAM YA !




Lokasi : Air Terjun Sipagogo, Situak Ujung Gading
Air terjun ini sekarang lagi hits-hitsnya nih ,sebab selama ini orang-orang tidak terlalu berambisius untuk mempofulerkan daerah dan wilayahnya masimg-masing.tidak bisa kita pungkiri selama ini kan masih kurangnya media imformasi.Tapi sekarang seiring berkembangnya zaman dan dunia perkomunikasian kita dapat memanfaatkan gejet (telekomunikasi) yang ada untuk menjadikannya suatu yang bermanfaat bukan hanya buat diri kita individu tetapi juga buat orang banyak ,biar kita sama -sama menikmati ya...
oke...


Lokasi : Goa Alami Paraman Ampalu
Sekitar 15 km dari pusat ibu kota Pasaman Barat kita akan menemukan perkampungan masyarakat Paraman Ampalu yang terkenal dengan buah salaknya.selain itu wilayah ini juga ternyata menyimpah sejuta pesona tempat wisata seperti Jembatan pote/Rambin pote ,Batang kanian dan goa yang satu ini .Dari pasar paraman ampalu belok kanan ke arah Air batang kanian  sambil menikmati air sungai ini yang sejuk,segar dan enak mandi .sebab air Batang Kanian ini masihalami dan langsung dari gunung pokonya enak bangeeeet dah ......
Dari pasar paraman tadi kurang lebih 40 menit lagi menuju Goa alami ini dan akses perjalan ke sana pun tidak terlalu terjal. Kedalaman goa ini sangat panjang dan memerluka waktu lama dan butuh penerangan yang bagus yang harus kita bawa .
konon katanya Dahulu kala Goa ini adalah tempat seorang raja yang gagah perkasa dan sangat sakti yang tidak bisa di kalahkan oleh siapapun .Sebelum itu juga bahwa Goa ini di jadikan sebagai tempat bersemayam ataupun bertapa oleh sebagia masyarakat setempat.
Di anjurkan jangan membuang sampah di dalam goa apalagi merosak area pekarangan goa ya ,biar tetap terjaga dan dapat kita nikmati bersama keindahannya.



Lokasi : Wisata Para Layang Pasaman Barat
Siapa bilang pasaman barat gk punya tempat paralayang , tentu ada dong .mau tau ya ???
Datang atuh ke Pasaman Barat ,anda akan menjadi saksi pencinta wisata ,terdapat beberapa tempat untuk melakukan wisata minat khusus para layang di pasaman barat seperti di kawasan bukit batang tongar,bukit marando, air bangis dll.
Di kawasan bukit batang tongar misalnya anda akan dapat mencoba dan menantang adrenalin sambil menikmati karunia tuhan atas keindahan udara pasbar yang tiada duanya.
Olah raga yang mengandalkan kekuatan angin dan kaki di tempat ini anda akan dapat terbang mengelilingi hijaunya Pasaman Barat dari kejauhan .dengan landasan yang telah di sediakan masyarakat setempat juga dukungan dari buapati Pasbar dan berbagai kalangan.





 Lokasi : Waterboom Padang Tujuh ,Pasaman Barat
waterboom !!! Siapa bilang Pasbar gk punya waterboom ? apa sih yang gk ada di Pasaman Barat ? hehe ....
kiat bisa menikmati Wahana wisata yang satu ini mulai dari mandi-mandi,meluncur menggunakan prosotan,berenang sama itik besar daaaaaan lain banayak lagi .
Ayok yang belum mandi buruan ke sini !!!! Di tunggu ya biar kita mandi bareng ,,,,
untuk menemui tempat wisata ini kita butuh sekitar 20 menit dari pusat ibu kota pasam barat tepatnya di padang tujuh .dewasa ini padang tujuh di notabenekan banayk mengalami perobahan ,baik dari segi infrastuktur pembanguan ,perkebunan dan juga wisata seperti Taman satwa Pasaman Barat juga yang terletak di daerah ini.


Lokasi : Pantai Maligi Pasaman Barat 
Maligi adalah salah satu daerah di Pasaman Barat .letaknya yang strategis di kelilingi muara ,laut dan perairan yang luas menjadikan wilayah ini sebagai komoditas mencari ikan oleh masyarakat setempat.untuk menjangkau tempat ini sebelumnya kita harus menempuh jalur laut yang di sediakan oleh masyarakat setempat bisa dari sasak ataupun dari sikilang.Di sini kita bisa berwisata yang berbagai macam jenis dan bentunya mulai dari menikmati pemandangan birunya laut luas ,banayknya pohon-pohon kelapa yang yang menjulang tinggi menjadikan daerah ini terkenal dengan karambianya (kelapa) sampai dapat juga membeli ikan hasil tangkapan nelayan.
Pantai yang berada di Nagari sasak ,kecamatan sasak ranah pasisie kabupaten Pasaman Barat ini juga terkenal dengan hutan bakaunya yang hijau melelapkan mata bagi orang yang berwisata ke sini .
dewasa ini untuk menjangkau akses ke maligi  memang perlu perlu perhatian pemerintah setempat terutama untuk pembangunan transfortasi jalur darat ,supaya segala macam penghasilan masyarakat di sana dapat di kembangkan dan di pasarkan dengan cepat .


Lokasi : Lubuk King ,Ujung Gading Pasaman Barat
Sebuah nagari yang terletak di Ujung Gading Pasaman Barat .Masyarakat Ujung gading  terkenal dengan Jago bahasa.kog bisa sih ??? Sebab kalau kita lihat letak strategis ujung gading terletak di antara lembah melintang yang berbatasan langsung dengan sumatera utara ,jadi jangan heran kalau kita ke ujung gading kita akan pening sendiri dengan bahasa mayarakat setempat ,kadang kita mendengar dia sudah bahasa minang ,kadang dia sudah bahasa mandailing ,kadang dia sudah bahasa melayu.tapi pada umumnya masyarakat daerah pasar ujung gading dan sekitarnya itu menggunakan bahasa melayu ujung gading . dengan keberagaman etnis ,suku dan budayanya yang beraneka macam , ada Batak,Minang,melayu,Mandailing dll, tidak menjadikannya berpecah belah ,tapi tetap menghormati dan menghargai antara satu sama lain dan itulah sebenarnya yang selalu kita harapkan .
selain kaya akan keberagaman tadi ujung gading juga terkenal dengan  jeruknya yang manis,salak yang manis dan orang -orangnya yang juga manis-manis ,,,,,
letak lokasi lubuk king ini tidak terlalu jauh dari pasar ujung gading kita hanya butuh waktu kurang lebih satu jam .di lubuk ini kita akan menikmati luasnya perkebunan kelapa sawit punya para petani.selain itu di sini kita juga bisa makan-makan bareng sama teman -teman , selfie dan terpenting adalah mandi -mandi.




Lokasi : Jalur dua jalan kantor Bupati Pasaman Barat 
Jalan ini adalah salah akses menuju dari dan ke pusat ibu kota Pasaman Barat ,Padang tujuh,talamau dan daerah lainnya.Sebelum kita menemui jalan panjang ini terlebih dahulu kita akan di saksikan oleh perkantoran Pasaman Barat ,seperti kantor ,polres Pasaman Barat,kantor Pengadilan Agama , dan kantor bupati Bupati Pasaman Barat .sepanjang perjalanan di sini kita akan melewati pohon-pohon sawit yang banyak,perkebunan jagung yang luas serta pemandangan  yang mengagumkan.
Pembangunan akses jalan jalur dua ini adalah salah satu bentuk keperihatinan pemerintah setempat untuk menjadikan Pasaman Barat sebagai kota .
Dewasa ini segala infrastruktur yang adsa di Pasaman Barat sangat  perlu dari perhatian kita semua mulai dari pembangunan jalan-jalan desa , pembangunan sekolah ,mesjid dan lain sebagainya.tidak kalah penting juga supaya lebih meningkatkan nilai ke pariwisataan Pasaman Barat ke mata indonesia atau bahkan Dunia baik dari segi kuliner,tempat wisata dan lain-lainnya.
Besar harapan perhatian pemerintah setempat Pasaman Barat lebih baik lagi  sebab kalau bukan kita siapa lagi ,kalau bukan sekarang kapan lagi ???






  #poetraaslipasbar.              

1 komentar:

  1. menambah informasi. trims telah menambah khasanah pengetahuan wisata pasbar. Psbar potensial untuk ekowisata. salam

    BalasHapus